f DIENG, NEGERI DI ATAS AWAN | SayaLia

DIENG, NEGERI DI ATAS AWAN

Traveling dadakan, ga pake mikir, dan gake planning. Duit seadanya dibawa, nggak pake ngitung.
Ceritanya gak panjaaang karena naik transportasi umum kkkk. Kalo bercerita soal jalan2 pake transportasi umum selalu banyak cerita :D.

GOOD MONDAY!
Udah agak lama pengen naik gunung, traveling *lagi* tapi ngajakin temen2 pada gak bisa, mbulet acara masing2, ditambah musim kawinan banyak banget tiap minggu pasti ada org nikah, bagh nggak ada yg bisa diajak jalan. Akhirnya mutusin pergi berlibur sendiri. Ya emang gak pertama kali sih pergi sendiri, tapi pertama kali buat solo traveling di Indonesia wkwk.


Lama pengen ke Dieng, yang katanya dataran paling tinggi sepulau Jawa. Udaranya pasti adem, bahkan kalo pas bulan April-Agustus tanaman bisa jadi es & suhu bisa sampai -7c. Wow saya kan suka yang dingin2 jadi tertarik fufufufu. Ditambah lagi ama Golden Sunrise Sikunir bikin tambah ngiler, uhuy ayok naik gunung lagi ~
Jam 3 sore abis kerja setengah hari, langsung pulang mandi packing. Jam 4 berangkat ke terminal bis. Namanya juga dadakan, baru mutusin jalan2 Sabtu siang, jadi bawa baju, jaket, sepatu, dan duit, informasi rute seadanya aja. Sometimes we just need grab out backpack and GO!

Karena jam 4 baru berangkat dari Ponorogo, naik bis ke Madiun dulu (karena nggak ada bis langsung dari Ponorogo ke Jogja) jadi makan waktu agak lama. Total perjalanan 6jam, sampe Jogja (Terminal Giwangan) jam 10 malem.
Udah baca2 di om Google, kalo dari jatim ke Dieng lewatnya Jogja-Magelang dulu baru ke Wonosobo. 

Pagi jam 9an check out, jalan deket hostel ke halte Trans Jogja buat ke Terminal Giwangan, bayarnya Rp 3600,-. Kalo mau jalan2 keliling tempat wisata di Jogja bisa naik Trans Jogja, untuk sekali naik sih Rp 3600,- nggak tau kalo terusan berapa, harusnya lebih murah.
Sampe Giwangan, naik bis jurusan ke Magelang -+2jam, lanjut Wonosobo -+2jam, lanjut Dieng -+1jam. 

**Nah ada tambahan, kemaren waktu sampe Terminal Wonosobo, kata bapak2nya yang pada jaga disana micro bus buat ke Dieng nungguinnya lama banget soalnya gw seorang diri, jd harus nungguin penumpang baru jalan, dan yang untuk micro umum udah nggak lewat di terminal. Jadi disuruh naik micro ke kota, terus ganti micro lain buat ke Dieng. Alhasil nambah Rp 3000,- buat naik micro bus dari Terminal ke Kota dulu.
Kalo kalian rombongan orang 5-10an bisa langsung nyari micro bus di Terminal, di book aja semua langsung naik ke Dieng.




"LAND ABOVE THE CLOUD"
Oke sip, sampe Dieng turun di pertigaan nyari Losmen Bu Djono. Untuk daftar Homestay di Dieng kemaren gw nemu listnya disini http://www.kaskus.co.id/thread/5213843f3c118ec00b000004/info--daftar-penginapan---homestay-di-dieng-plateu-wonosobo/.
Karena pas itu hari Minggu, orang2 yang naik udah pada turun semua, jadi sepii. Banyak kamar kosong, dan wisatawan pun dikit wkwk. Menyenangkan, iya!! XD




Tidur di Bu Djono ambil yang kamar mandi luar Rp 75.000,-/malem.
Homestay di Dieng ini masih seadanya, nggak ada AC (YA IYALAH!), temboknya triplekan semua wkwk. Yah seadanya banget lah. Kalo untuk Hotel belum nemu, mungkin ada di agak dalem kotanya. Soalnya yg Bu Djono itu ada di pas pertigaan masuk Dieng, depannya tulisan Welcome To Dieng. Deket sama Candi Arjuna, tinggal jalan kaki aja.

Yang paling gw sesali dan lupakan adalah, KENAPA GAK FOTO TULISAN WELCOME TO DIENG T__T. Itu artinya saya ditakdirkan untuk kembali lagi ke kota ini wkwkwk

credit on pict

Tapi apesnya juga karena hari Minggu, saya sendirian, sepi, jadi nanya2 sama mas2nya yang jada losmen untuk pergi keliling Dieng guide lokalnya Rp 150.000,- ama sewa motor Rp 50.000,-. Tapi ya itu tadi karena saya sendiri, gak ada yang diajak patungan HAHAHAHAHA *bokek langsung deh*
Karena bayagan gw naik Sikunir tingginnya 2500an mpd, wow tinggi nih kalo naik sendirian bahaya juga gw cewek dan pas sepi. Nggak ada yang diajak barengan, jadi okelah deal pake guide lokal, book jam 4 bagun berangkat naik Sikunir buat sunrise.

  • CANDI ARJUNA

Karena sampe Dieng masih jam 3an, jadi jalan-jalan deket sana dulu. Mampir ke Candi Arjuna liat sunset. Tapi sayang sunsetnya kena mendung jadi nggak keliatan.






Deket sana nggak ada hiburan lain yang bisa di telusuri pake jalan kaki, akhirnya balik losmen jam 6, tentunya abis makan nasi goreng pinggir jalan. Jam 6 mandi langsung tidur. Yah ngobrol dibawah sama orang2 losmen nanya2 antara gunung Prau ama Sikunir.

Sebenernya dalem hati pengen pake banget camp di Gunung Prau, tapi balik ke masalah awal, SAYA SENDIRI!! Gak bisa camping, masa ber2 doang ama porter?! Ya sudahlah untuk pertama kali ke Dieng boleh deh Sikunir dulu. Rada kaget juga ternyata naik Sikunir itu Cuma butuh waktu 20menit. What the.. kirain 2jam gitu ky ijen kan olah raga, ternyata nggak.. Ya mungkin itu kan udah di dataran tinggi ya makanya naiknya ke summit nggak perlu susah2 amat.
Yang menantang di Gunung Prau, treknya lebih panjang. Butuh 2-3jam buat naik ke puncaknya. Kalo weekend katanya ky pasar, banyak banget yang camping diatas. Wohoo next time ya kalo ada crew ngcamp disana deh.
Soalnya Senin jam 10 harus udah balik perjalanan pulang, jadi kalo naik ke Gn Prau ngtrek jam 2pagi, turun jam 6an, mau ke Telaga Warna dll nggak keburu L. Ya sudahla Sikunir Sikunir..

Senin dini hari, jam 4 udh standby di bawah, eh tapi mas guidenya masih tidur =.=
Sampai akhirnya dibangunin sama rombongan lain yg mau naik Sikunir jam 4.30. Langsung cepet2 keluarin motor dan cuss. Paginya dingiiiiin bangett apalagi naik motor kena angin, untung udah bawa jaket tebel, tapi tetep aja lah pipi beku lol
Pas dijalan naik mau ke parkiran Sikunir, langit udah mulau jadi ungu, mataharinya udah mau keluar, guidenya ngebut ngejar matahari, jangan sampe kelewatan momennya, yang dikejar sekali kesini Sunrise terus kalo tiba2 telat gak lucuu!

  • SIKUNIR
Naik ke parkiran Sikunir ngelewatin Desa Sembungan, yaitu desa paling tinggi di pulau jawa. 
Masuk ke Sikunir Rp 5000,-/orang. Sampe parkiran bawah langsung ngtrek bentar, naiknya lumayan curam dan ada beberapa yang udah di semen, masih ada yang masih pasir jd licin2 karena kena embun. 
(foto diambil pas mau balik :p)



foto diambil pas turun balik kebawah

-+20menit sampai atas, dan untungnya matahari belum nongol. Pemandangannya wow banget, ada 2gunung sih nggak keliatan karena awannya agak tebel pagi itu. Untungnya matahari nggak sembunyi hari ini :D (karena kata orgnya kemarin hr Minggu mataharinya ketutupan awan)


GUTEN MORGEN!


Nggak lama liat sunrise, lanjut turun buat ke Telaga Warna.
Oh iya dibawah Sikunir deket sama parkiran itu ada Telaga, biasanya orang2 juga buka camp disana sebelum naik di Sikunir. Boleh deh kapan2 coba camp disana juga, sekalian hunting milky way. Malem di Dieng penuh bintang, karena dikit polusi udaranya :D


  • BATU RATAPAN ANGIN
Karena Telaga Warna lagi surut, diliat dari bawah jelek, jadi diajaknya ke Batu Ratapan Angin. Ini semacam tepat batu2 tebing, bisa liat Telaga Warna dari atas sini. Tiket masuknya Rp 10.000,-




Next!

  • SIKIDANG CARTER
Abis dari Batu Ratapan Angin, lanjut ke kawah Sikidang.
Namanya kawah ya bau belerang, siapin masker kalo perlu. Belerang disini nggak separah di Ijen yang pasti, karena cm kawah2 kecil aja. Katanya ada yang jualan telor rebus yg dimasak dari air belerang disini kalo hari Minggu. Jadi air disini itu macam direbus sama magma dari perut bumi, panassss.




Disini ada yang jualan martabak mini ama batu belerang juga lhu



Thanks for local guide Mas Pii & Ki2, dan temen2 baru dari Purwokerto :)

Abis dari Sikidang, balik dulu sarapan. Dan sampai sini sayang sekali gw kudu packing buat balik L padahal masih ada beberapa tempat ama candi yang harusnya bisa di datengin. Yah apa boleh buat gak ada banyak waktu karena perjalanan pulang juga panjang.


Foto2 suasa selama perjalanan pendek yang sayang buat dibuang 

Carica, yang konon katanya buah ini rasanya Nanas, Srikaya, Nangka, Cabe, dll jadi 1 mix di dalam 1 buah dan cuma tumbuh di Dieng ama Mexico doang


Dieng from above

Dieng Plateau Theater. nggak tau apa dalemnya karena pas itu belum buka dan nggak turun 

Jam 10 pagi cabut turun ke Wonosobo dan sampai rumah Ponorogo jam 10 malem. 12jam pass.
Pas pulang ada rute bis lain yang lebih enak. Pas sampai Magelang langsung naik Bis EKA jurusan Magelang-Surabaya dan turun Madiun, bayarnya Rp 75.000,- dapet minum sama makan malam. Lebih mahal sih dari pada Sumber Rahayu, tapi dari pada naik turun bis dan gonta ganti bis mending naik itu aja langsung cuss.

Tapi selama gw balik dari kota besar ke kota kecil kenapa selalu lebih mahal biayanya hmm.
Dulu Madiun-Surabaya Cuma Rp 24.000,- nah pas balik dari Surabaya ke Madiun kenapa bayarnya jadi Rp 65.000?!
Ini juga, berangkat Cuma 32rebu baliknya jadi 75rebu huff
Dan terpaksa bayar Rp 50.000,- lemabaran duit terakhir buat balik ke Ponorogo gara2 bis malem nggak dateng2, terpaksa ngcarter angkutan umum sendirian buat pulang kerumah. Ludes bener duit ekeh T__T.

 OH IYA TIPS!
  1. Harga normal guide lokal/porter disana Rp 150.000,-. Berdasarkan survey sih.. ***(baca dibawah). Lebih hemat kalo pergi rame2 bisa patungan
  2. Kalo mau ke Dieng pas dingin2 ambil waktu bulan April-Agustus karena pas bulan2 itu suhu di Dieng bisa dibawah 10derajat :3
  3. Menurut guide lokal, waktu terbaik buat hiking Gunung Prau bulan Mei-Oktober pas musim kemarau. Gunung Prau ditutup bulan Januari-April. Disini banyak persewaan tenda dan peralatan camp jadi nggak perlu kawatir kalo mau naik tapi gak punya perlengkapan
  4.  Jangan lupa bawa baju hangat dkk karena Dieng itu DINGINNN
  5. List Homestay di Dieng (cr. Kaskuser) http://www.kaskus.co.id/thread/5213843f3c118ec00b000004/info--daftar-penginapan---homestay-di-dieng-plateu-wonosobo/. Lokasi ini semua berdekatan dan banyak banget homestay disana. Kalo pas weekday banyak kamar kosong, tapi kalo weekend ky pasar. Jadi lebih baik booking dulu kalo mau ke Dieng pas weekend.


*** Nah ini berdasarkan dari blog orang ada yang bilang tur Dieng emg biasanya dipatok Rp 150.000,- tapi udah include sama transportasi dan tiket masuk. Tapi ada juga blog lain yang bilang nggak include..
Nah lo, karena gw gak sempet cari banyak info jadi gw bayar aja tur sendiri, motor sendiri, tiket masuk juga dimintain sendiri L. Yah salah gw juga sih nggak nawar kemaren, udah berterima kasih udah diajakin jalan2 seputar Dieng. Siapa tau kalo yang baca blog ini ada yang mau kesana nggak ada salahnya nawar2 dulu sapa tau dapet J. Tapi buat eke pribadi sih nggak masalah toh uang bisa dicari, emang rejeki mereka dapet lebih dari biasanya, berbahagia jadi berkat bagi sesama (sebenernya menghibur diri sendiri).

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

'Life is either a daring adventure or nothing at all.' — Helen Keller

0 comments